Cerita Inspirasi Kehidupan : Seorang Ibu dan Menantu Wanita

10 comments

Seorang Ibu dan Menantu Wanita

 

Cerita Inspirasi Kehidupan : Seorang Ibu dan Menantu Wanita
Seorang Ibu dan Menantu Wanita



Berjumpa lagi sahabat mococerpen, terima kasih telah menyediakan waktu untuk berkunjung diblog kami Sahabat. Kali ini kami akan bercerita tentang artikel Seorang Ibu dan Menantu Wanita, artikel ini kami dapat dari dari Buku yang Berjudul “Kisah-kisah Wanita Super Inspiratif” yang ditulis oleh “Nur Kholish Rif’ani. Dalam cerita ini menceritakan sosok orang-orang perempuan yang patut kita contoh. Selamat membaca ya sahabat mococerpen.


 *****

Seseorang ibu tersenyum kepada menantu wanitanya yang  baru pulang dari bulan madu selama 1 bulan lamanya. Dia berkata “Kau telah membuat putraku rajin shalat ke masjid. Kau berhasil dalam waktu 30 hari saja. Padahal aku telah berusaha menasehatinya selama 30 tahu.

Menantu itu mengalirkan air mata. Dia berkata, “Apakah ibu pernah mendengar kisah tentang batu dan harta?”

Ibu mertuanya menggelengkan kepala sebagai isyarat bahwa dia belum pernah mendengar kisah yang dimaksud.

Sang menantu pun mulai bercerita, “Dikisahkan bahwa ada sebuah buku besar yang menghalangi jalannya manusia. Maka, seorang laki-laki dengan sukarela berusaha memecahkan batu itu dan menyingkirkannya. Dia memukul batu itu dengan kapak hingga 99 kali, tapi batu itu tetap saj utuh dan tidak retak sama sekali. Dia sangat kelelahan. Ketika itu, datanglah seorang  laiki-laki menawarkan bantuan. Dia memukul batu besar itu dengan kapak dengan sekali pukulan. Tiba-tiba batu itupun pecah. Ternyata, di bawah batu itu terdapat sekantong emas. Laki-laki kedua ini berkata, “Emas ini adalah milikku, karena akulah yang telah memecahkan batu ini!” Keduannya pun mencari keadilan kepada hakim.

  • Orang pertama berkata, “Hendaknya sebagian harta itu diberikan kepadaku, karena aku telah memukul batu itu sebanyak 99 pukulan sampai aku kelelahan.”
  • Laki-laki kedua berkata, “Tidak, harta itu milikku seluruhnya, karena akulah yang memecahkan batu itu!”

Hikim memberikan keputusan, “Wahai laki-laki yang pertama, kau memperolah 99 bagian dari harta ini, sedangkan engaku laki-laki yang memecahkan batu, bagimu satu bagian saja. Seandainya laki-laki pertama ini tidak memukulnya sampai 99 kali, maka batu ini tidak akan pecah pada pukulan ke 100!”

Di dalam kisah ini ada pelajaran akhlak dan budi pekerti yang indah. Seorang ibu berusaha menasihati putranya untuk shalat selama 30 tahun tanpa putus asa. Kemudian dia merasa gembira dengan anaknya yang shalat karena pengaruh istrinya, meski anaknya itu tidak memedulikan nasihat ibunya selama 30 tahun.

Menantunya juga memiliki akhlak mulia. Dia tidak serta merta menyematkan keutamaan kepada dirinya karena berhasil menyadarkan suaminya untuk shalat. Tapi, dia menyatakan bahwa keberhasilan itu semata-mata karena nasihat ibu mertuanya selama 30 tahun. Dia hanya menyempurnakan nasihat itu.

Bagaimana sahabat mococerpen sekalian. Wanita-wanita diatas sangat patut dicontoh bagi kita semua ya. Terutama para perempuan-perempuan hebat seperti istri kita. Ada pelajaran yang dapat kita ambil dari artikel yang berjudul Seorang Ibu dan Menantu Wanita diatas. Yaitu kita tetap menghargai bagaimana seorang ibu yang telah memberikan nasehatnya selama 30 tahun kepada anaknya namun belum berhasil, dan seorang wanita yang tidak menyombongkan dirinya ketika mendapat pujian. Bahkan ia bisa mengangkat derajat orang yang telah memujinya tersebut. Semoga perilaku terpuji para wanita dalam artikel diatas dapat menjadi inspirasi untuk kita semua ya sahabat. Dan juga semoga sahabat terhibur. Terima kasih telah menyempatkan berkunjung dan membaca artikel diblog kami mococerpen.

Daftar Pustaka : “Kisah-kisah Wanita Super Inspiratif”, oleh Nur Kholish Rif’ani.


--------------------*****--------------------








Jangan lupa sukai fanspage Facebook Moco Cerpen dan follow twitter @MC_MocoCerpen ya Sahabat.
Bagikan Artikel :

10 komentar

Sangat menginspirasi gan dan nambah wawasan juga heheh, Keep posting artikel kaya gini ane suka :D

Menginspirasi sekali, bisa saya terapkan nanti di kehidupan saya makasih gan ceritanya...

ceritanya menginspirasi bgt, jd makin sayang ibu :D

Nice artikelnya gan... begitu berartinya seorang ibu

Ane jga pernah dnger gan kisah kaya gnie tentang Ulama india Dr Zakir Naek dan guru ny Ahmad Dedaat. . . Pencapaian Ahmad Dedaat selama 40 tahun bsa di capai.Zakir Naek cuma dalam 4 tahun

Wah sangat menginspirasi gan.. jadi sayang mamah nih oe..

Salam Friendly, nice story, sangat inspiratif, kadang bisa juga ditemui cerita ini dalam bentuk kehidupan nyata ya.. Seseorang bisa berubah karena pengaruh dari orang terdekat yang sangat mengerti keadaan seseorang tersebut..