Dongeng Sebelum Tidur : Pertolongan Gajah yang Baik Hati

No Comments

Pertolongan Gajah Yang Baik Hati

 

Pertolongan Gajah Baik Hati
Pertolongan Gajah yang Baik Hati

Hallo sahabat mococerpen yang suka membaca dongeng, ok kali ini mococerpen akan memberikan sebuah artikel dongeng yang cocok banget buat sahabat kecil mococerpen yang sering dibacain dongeng sebelum tidur oleh ibu. Artikel ini kami dapat dari sumber diinternet, yang kemudian kami kembangkan lagi supaya lebih menarik dan mudah dipahami oleh sahabat.  Semoga dongeng sebelum tidur yang berjudul Pertolongan Gajah Yang Baik Hati ini dapat menemani tidur sahabat kecil mococerpen. Selamat menikmati :-D

 *****


Di suatu hutan, hidup seekor Gajah yang memiliki tubuh tinggi besar dan gemuk. Ia memiliki sepasang gading berwarna putih besar yang seakan menunjukkan kekokohannya. Belalainya juga sangat panjang dan kuat. Dengan kekuatan yang ia miliki, bisa saja ia melakukan apa saja dihutan tersebut untuk menguasai hutan. Tetapi tidak dengan gajah, gajah itu walaupun memiliki kekuatan yang sangat besar, ia tetap baik hati. Bahkan kebaikannya sudah diketahui oleh para heman penghuni hutan. Ia tidak segan-segan memberikan sebuah pertolongan jika ada yang meminta pertolongan kepadanya. Ia selalu memberikan makanan kepada binatang-binatang yang kelaparan. Tidak peduli binatang besar atupun kecil, gajah memberikan pertolongan kepada semua yang membutuhkannya.
Kehadiran gajah bagaikan anugrah bagi penghuni hutan, karena dengan adanya gajah mereka bisa meminta bantuan kepada gajah jika mereka memiliki kesulitan.

Pada suatu hari ia melihat seekor serigala dan harimau dipinggir sebuah sungai. Kemudian yang terjadi adalah harimau dan serigala sedang berantem merebutkan sebuah makanan. Mereka berdua saling mengaumkan suaranya, seakan-akan mereka berdua menunjukkan kekuatan mereka satu sama lain. Sesaat setelah mereka saling mengaum, perkelahian pun terjadi diantara mereka. Gajah yang melihat kejadian tersebut langsung menghampiri mereka berdua. “Stop, ada apa ni, kenapa kalian berkelahi,” tanya gajah kepada kedua hewan tersebut. Untung gajah datang belum terlambat, jadi belum ada luka serius diantara mereka berdua. Harimau menjawab “dia mau merebut makananku,” “tidak, aku yang menukan makanan ini duluan, jadi aku yang berhak memilikinya,” sahut serigala dengan tidak terima.

Kemudian dengan sikap lebih dewasa gajahpun berusaha menengahi perselisian diantara mereka, perkelahian berhenti sesaat. Gajah memberikan nasihat kepada mereka “buat apa sih kalian berantem, hanya akan melukai diri kalian sendiri,” lebih baik makanan itu kalian bagi menjadi dua bagian saja, supaya kalian bisa saling mendapatkan, dengan dengan begitu kalian tidak harus berkelahi. Mendengar nasehat dari gajah, serigala dan harimau mulai reda. Mereka berdua tidak mau membantah sang gajah, karena gajah merupakan binatang yang sangat dihormati dihutan itu. Akhirnya setelah mendapat nasehat dari gajah,serigala dan harimau mau membagai makanan menjadi dua bagian dan merekapun tidak berkelahi lagi.

Setelah selesai memisahkan perselisihan antara Serigala dan Harimau. Gajah pun melanjutkan perjalannya, ditengah perjalanan gajah lagi-lagi mendengar suara meminta tolong dengan nada seperti kesakitan. Gajahpun mencari asal suaranya, ternyata suara tersebut merupakan suara Singa yang meminta tolong karena ia tertimpa pohon yang jatuh.

“Tolong, tolong, gajah.......tolong aku” kata Singa dengan menahan rasa sakit yang ia rasakan. Melihat tersebut Gajah langsung mengangkat pohon yang menghimpit tubuh harimau menggunakan belalainya sangat kuat dan panjang.

“Terima kasih banyak,gajah atas pertolonganmu !” ucap Singa. “Seandainya kamu tidak melintas sini dan tidak segera menolongku, mungkin aku sudah tidak mampu bertahan lagi menahan pohon besar yang menindihi badan ku ini.”

“sama-sama, singa. Kita sebagai penghuni hutan harus saling memberikan pertolongan satu sama lain, ucap Gajah. “kamu harus bersyukur masih bisa selamat dari musibah ini.

“Iya kamu benar sekali Gajah. Rasanya tidak ada binatang lain yang sanggup mengangkat pohon sebesar ini kecuali kamu,” sembari memuji Gajah.
Akhirnya setelah menolong Singa tadi, Gajahpun melanjutkan perjalanannya.

Pesan Moral :

Meskipun kita dilahirkan dari keluarga yang kaya raya memiliki kemampuan secara financial lebih, maka kita harus tetap rendah hati dan memberikan bantuan kepada mereka yang lebih dibawah kita.
Banyak pelajaran yang dapat kita peroleh dari dongeng diatas sahabat mococerpen. Semoga dengan membaca artikel Pertolongan Gajah Yang Baik Hati, kita dapat mencontoh perilaku gajah yang sangat baik hati, sehingga bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat. Amiiinnnnn................



--------------------*****--------------------







Jangan lupa sukai fanspage Facebook Moco Cerpen dan follow twitter @MC_MocoCerpen ya Sahabat.
Bagikan Artikel :