Dongeng Asal-usul : Asal Muasal Terbentuknya Kata Surabaya

4 comments

Asal Muasal Terbentuknya Kata Surabaya

 
Asal Muasal Terbentuknya Kata Surabaya
Asal Muasal Terbentuknya Kata Surabaya

Bagaimana kabarnya sahabat mococerpen. Kali ini saya akan memberikan sebuah artikel mengenai asal usul suatu daerah diindonesia. Banyak diantara kita pernah mendengar, bahkan mungkin sering mendengar tentang Asal Muasal kota Surabaya, memang banyak sekali artikel mengenai topik tersebut. Karena memang dongeng tersebut sudah melekat dalam benak masyarakat indonesia. sebagian orang sangat mempercayai asal mula kata surabaya merupakan pertempuaran antara ikan hiu sura dan baya atau buaya. Tapi beberapa orang juga ada yang berpendapat bahwa surabaya memiliki makna sura yang artinya Selamat/jaya dan baya artinya bahaya jadi Selamat menghadapi bahaya. Tapi lepas dari mana cerita yang benar. Kita sebagai masyarakat indonesia sudah seharusnya mempertahankan budaya kita, tidak lain juga dongeng tentang asal muasal surabaya ini. Semoga artikel ini bermanfaat. Walaupun sudah banyak artikel sejenis, tapi kami mococerpen mencoba menyuguhkan menjadi lebih menarik dan juga sebagai bentuk kami cinta atas budaya indonesia. Selamat membaca sahabat mococerpen.

***** 


Pada waktu ratusan bahkan jutaan tahun dahulu kala, terdapat dua ekor penghuni air lautan yang sangat ganas dan merupakan penguasa diderah lautan tersebut. Terselisihan diantara mereka sering terjadi untuk saling menguasai daerah lautan dan juga saling berebut mangsa satu sama lain. Penghuni lautan itu adalah ikan Hiu Sura dan Buaya. Mereka berdua sering berkelahi. Perkelahian diantara ikan Hiu Sura dan Buaya dipicu karena perebutan wilayah kekuasaan dan berebut mangsa untuk dijadikan makanannya. Keduanya merepukan penghuni lautan yang sama-sama ganas, sama-sama kuat dan juga sama-sama rakus. Walaupun mereka sering melakukan perkelahian, namun belum pernah ada yang menang dan kalah karena mereka berdua tidak ada yang mau menyerah satu sama lain. Hingga pada suatu saat mereka berdua lelah harus berkelahi terus menerus, dan akhirnya mereka berdua mengadakan suatu perjanjian.

 “Haiiiii,Buaya...apakah kita akan terus berkelahi terus menerus tanpa ada akhir, apa tidak bosan dengan perkelahian yang selalu kita lakukan terus menerus??” kata ikan Hiu Sura kepada Buaya.

 “Iya,Sura....aku sebenarnya sangat bosan harus berkelahi terus menerus denganmu, lantas apa yang harus kita lakukan supaya kita tidak lagi berkelahi?” Tanya Buaya.
Setelah beberapa saat mereka berdua berfikir untuk menemukan penyelesaian masalah diantara mereka. Akhirnya ikan Hiu Sura memiliki rencara agar perkelahian diantara mereka bisa dihentikan.

Kemudian ikan Hiu Sura bergegas memberi tahukan rencananya kepada Buaya. “Bagaimana untuk mencegah perkelahian yang terjadi diantara kita, sebaiknya kita membagi lautan menjadi dua daerah kekuasaan. Dengan begitu kita tidak akan saling mengganggu lagi. Jadi, kamu berkuasa didaerah daratan dan mangsamu harus berada didaratan tidak boleh memangsa yang berada dilaut, karena dilautan merupakan daerah kekuasaanku sepenuhnya dan aku tidak akan memangsa didaratan yang merupakan daerah kekuasaanmu. Kemudian untuk menentukan batasnya kita tentukan tempat yang dicapai oleh air laut pada waktu pasang surut sebagai pembatas daerah kekuasaan kita!” Penjelasan ikan Hiu Sura tentang rencananya kepada Buaya.

“Baiklah, aku rasa rencanamu masuk akal Sura, oke aku terima dan setujui gagasanmu itu.” Sahut Buaya.

Setelah pembagian wilayah kekuasaan, maka tidak ada lagi kejadian perkelahian diantara mereka berdua. Karena mereka berdua telah sepakat menghormati perjanjian serta menghormati wilayah kekuasaannya masing-masing.

Tetapi pada suatu hari, setelah cukup lama mereka tidak berkelahi dan tidak ada permasalahan lagi. Ikan Hiu Sura mencari mengsa disungai. Hal ini dia lakukan secara sembunyi-sembunyi agar tindakannya tidak diketahui oleh Buaya. Mula-mula tindakan ikan Hiu Sura ini tidak ketahuan. Tetapi tidak lama kemudain Buaya mempergoki perbuatan ikan Hiu Sura. Dengan melihat hal tersebut tentu membuat Buaya sangat marah kepada ikan Hiu Sura karea Buaya menganggap ikan Hiu Sura telah melanggar janji-janji yang telah mereka sepakati berdua.

Buaya pun menegur ketika pertama kali melihat kelakuan ikan Hiu Sura. “Hai,Sura, mengapa engkau melanggar perjanjian yang telah kita sepakati sebelumnya? Mengapa kamu memasuki daerah sungai yang merupakan wilayah kekuasaanku?” tanya buaya, dengan nada menegur.
Karena ikan Hiu Sura merasa tidak melanggar perjanjian, maka ia tenang –tenang saja.

“Melanggar kesepakatan bagaimana? Bukankah sungai ini berair. Bukankah dalam perjanjian yang sudah kita sepakati,menjelaskan bahwa aku adalah penguasa air? Terus salahnya aku dimana, sungai ini kan ada airnya juga, jadi masih merupakan daerah kekuasaanku,” kata ikan Hiu Sura dengan balik memberikan pertanyaan kepada Buaya.

“Bagaimana bisa, jelas-jelas sungai itu tempatnya didarat bukan dilaut. Sedangkan daerah kekuasaan yang harus kamu kuasai adalah lautan, berarti sungai ini adalah daerah kekuasaanku dan kamu tidak seharusnya berada didaerah kekuasaanku!” Buaya sambil mengotot.

“Tapi dalam perjanjian, aku tidak pernah mengatakan kalau diair itu bukan hanya diair laut saja, tetapi juga air sungai. Jawab ikan Hiu Sura dengan membela diri?

“Apakah engkau sengaja ingin mencari perkara denganku lagi,Sura? Sahut buaya dengan nada tinggi.

“Aku tidak bermaksud mencari perkara denganmu lagi, buaya. Aku rasa alasanku atas apa yang aku lakukan cukup kuat dan aku merasa aku berada dipihak yang benar!” Kata Sura.

“Sepertinya kamu memang sengaja mengakali/membodohiku. Jangan berpikir aku sebodoh yang kau kira!” Buaya mulai emosi.

“Aku sama sekali tidak peduli apakah kamu bodoh atau pintar, yang pasti air sungai ini juga merupakan daerah kekuasaanku!” Ikan Hiu Sura pun terus mempertahankan keyakinannya dengan tidak mau mengalah.

Setelah debat panjang lebar, akhirnya Buaya dan ikan Hiu Sura tetap kekeh dengan pendapatnya dan tidak ada yang mengalah diantara mereka. Maka perkelahian diantara mereka berdua terjadi lagi dan tidak bisa terhindarkan. Pertarungan kali ini lebih dahsyat lagi. Mereka saling menerkam, saling menggigit dan memukul . setelah beberapa saat mereka bertarung, air laut disekitar mereka menjadi merah yang berasal dari darah mereka karena luka-luka yang parah. Mereka sama sekali tidak berhenti dan terus bertarung sampai titik darah penghabisan.

Dalam pertarungan yang sangat sengit dan dahsyat ini, ikan Hiu Sura mendapatkan gigitan dibagian ekornya hingga hampir terputu sedangkan Buaya mendapatkan sebuah gigitan parah dibagian pangkal ekornya sebelah kanan, sehingga ekornya terpaksa selalu membengkok kekiri. Setelah beberapa saat pertarungan pun selesai dengan ditandai kembalinya ikan Hiu Sura kelautan. Dan buaya pun merasa puas karena dapat mempertahankan daerah kekuasaannya.

Atas peristiwa tersebut, sampai sekarang pertarungan antara ikan Hiu Sura dan Buaya ini sangat berkesan melekat dihati masyarakat Surabaya. Oleh sebab itu, nama Surabaya selalu disangkut pautkan dengan peristiwa pertarungan antara ikan Hiu dan Buaya. Dan atas peristiwa ini pulalah kemudian dibuat lambang kota Surabaya yaitu gambar “ikan Hiu Sura dan Buaya”.

Mungkin cukup sekian artikel yang dapat kami bagikan kepada sahabat mococerpen sekalian. Semoga Dongeng Asal Muasal Terbentuknya Kata Surabaya ini dapat menjadi teman membaca sahabat dan semoga menjadi hiburan yang bermanfaat.Amiiinnn.


--------------------*****--------------------








Bagikan Artikel :

4 komentar

Thanks gan setelah mambaca ini baru tau saya sejarahnya nama surabaya

wah,,kirain udah tau gan..soalnyakan cerita rakyat atau dongeng ini sudah cukup terkenal,gan..

bermanfaat sekali sob (y) lumayan buat nambah ilmu pengetahuan

http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/5-cara-usir-pikiran-berlebih-dari-otak.html
http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/vaksin-hpv-harus-jadi-program-nasional.html
http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/benerkah-keju-bikin-kecanduan-seperti.html

QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
• BandarQ
• AduQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
• WA: +62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
• BB : 2B3D83BE
Come & Join Us!